Uncategorized

6 Makanan Khas Bogor, Rekomendasi Untuk Pecinta Kuliner

6 Makanan Khas Bogor, Rekomendasi Untuk Pecinta Kuliner

6 Makanan Khas Bogor – Bogor merupakan sebuah kota yang terletak di provinsi Jawa Barat. Kota ini dikenal dengan kota hujan karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi.

Bogor juga menyuguhkan udara sejuk dengan pemandangan alam yang cukup memanjakan mata. Bukan hanya itu, Bogor juga di kenal memiliki keanekaragam kuliner lezat, yang wajib di cicipi bagi pecinta kuliner.

Makanan makanan khas Bogor memang mudah kita jumpai di berbagai tempat. Tapi, akan terasa nikmat jika kita mempunyai pengalaman kuliner yang berkesan dengan cita rasanya yang otentik

Dikutip dari buku Wisata Kuliner Makanan Daerah Khas Bogor karya Miftah Sanaji dan beberapa sumber, berikut adalah 6 Makanan khas Bogor yang wajib di coba.

1. Tauge Goreng

Tauge Goreng merupakan salah satu makanan khas Bogor yang menawarkan cita rasa gurih dan pedas. Berpadu dengan bumbu tauco asli yang di campur dengan oncom,

Meskipun disebut tauge goreng, makanan khas Bogor ini tidak melalui proses penggorengan melainkan di rebus.

Tauge goreng di lengkapi dengan potongan ketupat, tahu kuning, dan mi kuning. Semakin nikmat jika di padukan dengan kerupuk mie yang gurih.

2. Laksa Bogor

Sudah sangat di kenal, laksa kerap di jadikan hidangan yang pas ketika berkunjung ke Bogor. Makanan ini mempunyai cita rasa yang pedas gurih , cocok di nikmati saat hujan.

Makanan khas Bogor yang terkenal kaya akan rempahnya ini memang nampak seperti soto. Kuliner ini akan lebih nikmat jika di sajikan dengan potongan ketupat, tauge rebus, suwiran ayam, tahu kuning, oncom, daun kemangi, dan potongan telur rebus sebagian topping nya.

3. Pepes Sagu

Berbeda dengan pepes pada umumnya, makanan tradisional khas Bogor yang satu ini memiliki rasa manis . Bahan dasar yang di gunakan dalam pembuatannya tentu saja adalah tepung sagu. Untuk isian di dalamnya, biasanya menggunakan beberapa bahan seperti Keju, pisang, ataupun nangka.

6 Makanan Khas Bogor

Baca Juga : https://prescottmediacenter.org/10-oleh-oleh-khas-bogor-yang-terkenal-2023/

4. Doclang

Kuliner legendaris khas kota Bogor ini memang semakin sulit kita temui. Seperti gado gado atau ketorprak, doclang terbuat dari lontong dengan siraman bumbu kacang yang kental dan manis. Di tambah dengan irisan tahu rebus, telur dadar/rebus, serta topping kerupuk di atasnya.

5. Asinan Jagung Bakar

Salah satu makanan tradisional khas Bogor yang banyak di minati adalah asinan. Asinan bogor sudah sangat familiar bagi pecinta kuliner, seperti asinan buah dan sayuran.

6. Soto Mie Bogor

Kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi makanan khas yang satu ini saat berkunjung ke Bogor. Pastinya soto mi di sini beda rasanya dengan soto mie Bogor yang ada di daerah lain.

Ciri khas soto Bogor terletak pada isiannya yang bermacam macam seperti. Mi Kuning, risol, dan kikil. Juga di tambah irisan kol. lebak, kentang , daun seledri, serta daun bawang sebagai pelengkapnya.

 

Categories:
Uncategorized
You Might Also Like

Leave A Reply