Uncategorized

Rekomendasi Makanan Tradisional Sunda yang Terkenal

Rekomendasi Makanan Tradisional Sunda yang Terkenal

Bicara soal makanan, Tanah Air kami punya banyak variasi kuliner Nusantara yang begitu menggugah selera. Salah satu yang tenar adalah makanan khas Sunda. Sama seperti beraneka etnis dan suku lainnya di Nusantara, penduduk Sunda juga punya kebudayaan khas dan otentik, juga didalam perihal kuliner. Makanan khas Sunda sendiri jadi salah satu menu makanan yang sangat tersohor kelezatannya, bahkan dapat ditemukan di beraneka area di luar wilayah Jawa Barat.

Saking banyaknya makanan khas dari beraneka area tersebut, maka tidak heran kalau Jawa Barat juga kerap disebutĀ bonus new member sebagai destinasi wisata kuliner paling baik bagi para pengunjungnya, Masakan Sunda sama juga bersama dengan bersama dengan sayuran lalap atau daun-daunan hijau. Dari aspek rasa, kuliner Sunda umumnya punya cita rasa pedas, gurih, serta manis terhadap hidangan penutupnya.

Makanan Khas Sunda Terpoouler :

Sate Maranggi

Kamu juga dapat olah daging sapi jadi makanan khas Sunda seperti sate Maranggi asal Purwakarta, lho. Untuk membuatnya, detikers dapat memotong daging berwujud dadu lantas dimarinasi bersama dengan campuran kecap manis dan rempah-rempah. Setelahnya baru daging ditancapkan ke tusuk sate untuk dibakar di atas arang. Setelah matang, sate Maranggi dapat disantap sementara hangat bersama dengan nasi bersama dengan saus kecap dan sambal tomat.

Nasi Timbel

Selain Nasi Tutug Oncom, masih ada satu lagi sajian nasi khas Sunda lainnya yang tak kalah lezat, yakni Nasi Timbel. Makanan khas Sunda ini merupakan sajian nasi kukus yang dibungkus bersama dengan daun pisang supaya punya aroma cukup khas. Penyajiannya tak tidak serupa bersama dengan sajian makanan khas Sunda terhadap umumnya, yakni bersama dengan lauk-pauk tradisional seperti pepes, ayam goreng, sadar dan tempe, serta lalapan dan sambal sebagai pelengkap. Makanan Sunda ini cukup ringan ditemukan di restoran-restoran dan warung-warung makan khas Sunda

Nasi Liwet

Orang Sunda itu puas sekali berkumpul sambil menyantap makanan berbarengan (botram). Biasanya sementara mereka makan besar, nasi liwet selamanya tersaji bersama dengan aneka lauk seperti ayam, tahu, tempe, ikan asin, lalapan serta sambal. Nasi Liwet sendiri merupakan olahan beras yang dimasak bersama dengan bawang merah, bawang putih, santan, daun salam, lengkuas, sereh, sedikit garam dan penyedap rasa. Kemudian beras dimasak didalam kastrol (panci untuk menanak nasi liwet) hingga berbau harum dan matang.

Seblak

Jajanan seblak sejak lebih dari satu sementara belakangan tambah banyak dicari dan dibuat penduduk di luar wilayah Jawa Barat. Kudapan ini terdiri dari beraneka macam topping, seperti kerupuk, kwetiau, mie kuning, bakso, telur, tulang ayam, ceker ayam, hingga sayuran. Kesemua bahan dimasak hingga layu dan empuk didalam kuah kaldu atau air yang telah dibumbui. Setelah matang, kamu dapat menyantapnya sementara hangat.

Mie Kocok

Mie kocok gunakan bahan dasar mie kuning yang dihidangkan bersama dengan kuah dari kaldu sapi. Banyak mendapatkan makanan khas Sunda ini di area Bandung. Mie kocok umumnya dihidangkan bersama dengan tauge yang telah direbus, bakso, irisan kikil, bersama dengan taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Nama mie kocok berasal dari cara memasak kuliner ini, yakni terhadap proses memasaknya bersama dengan mengocok-ngocok mie didalam wadah tertentu sambil dicelupkan ke didalam air panas

Categories:
Uncategorized
You Might Also Like

Leave A Reply