Uncategorized

Rekomendasi Wisata Kuliner Yogyakarta yang Lagi Viral di TikTok

Rekomendasi Wisata Kuliner Yogyakarta yang Lagi Viral di TikTok

Perkembangan kuliner di Yogyakarta begitu pesat. Tak lagi mengandalkan bakmi jawa, gudeg, bakpia, sate klatak, tapi kini di Kota Pelajar banyak jujugan tempat makan yang digemari semua kalangan. Bahkan kondang di lidah wisman dan wisnu.

Ada banyak tempat kuliner yang digemari di Yogyakarta, bahkan di TikTok restoran-restoran ini begitu viral. Destinasi kuliner tersebut terbukti memang enak, jika penasaran boleh dicoba mampir ke tempat-tempat yang daftar sbobet rekomendasikan ini:

1. Cinema Bakery

Cinema Bakery menjadi toko kue dan kudapan manis yang tengah hits dikalangan anak muda di Yogyakarta. Toko kue ini menyajikan beragam pastry, cake, beragam dessert, hingga ragam menu western food lainnya.

Cinema Bakery ini dibangun oleh Chef Cedric asal Perancis, sehingga masalah rasa sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain memiliki beragam menu yang terkenal lezat, Cinema Bakery juga menyajikan tempat yang nyaman dan instagramable.

Ada area semi outdoor dengan pemandangan persawahan yang dapat menyejukan mata. Cinema Bakery cocok menjadi tempat nongkrong sambil menikmati kue bersama orang-oran terdekat.

Aneka menu di toko kue ini dibanderol mulai dari Rp 17.000 per porsinya. Cinema Bakery berada di Jalan Yudistira, Wonorejo, Sariharjo, dan buka setiap hari, mulai pukul 07.00-20.00 WIB.

2. Sate Ratu

Sate Ratu menjadi salah satu tempat makan viral Tiktok yang hampir tak pernah sepi pengunjung. Warung Sate Ratu selalu ramai diserbu baik wisatawan domestik hingga mancanegara.

Berbeda dengan sate pada umumnya,tempat makan ini menyajikan satai ayam merah. Daging ayam diracik dengan bumbu merah yang gurih, asin, dan sedikit pedas.

Selain dari bumbunya, ciri khas sate ratu adalah potongan daging ayamnya yang besar dan empuk. Satu prosi sate ayam merah ala Sate Ratu dibanderol mulai dari Rp 30.000 per porsi.

Warung Sate Ratu berada di Jalam Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY. Tempat makan sate ini buka setiap Senin-Sabtu, mulai pukul 11.00-21.00 WIB.

3. Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg di sini menjadi salah satu yang paling populer dan banyak peminatnya. Gudeg Bu Tinah ini tentu saja memiliki daya tarik tersendiri yang membuat warga lokal dan wisatawan tertarik untuk mencicipi.

Ya, sesuai dengan namanya, gudeg Bu Tinah khas dengan cita rasanya yang pedas. Lidah Anda juga akan dimanjakan dengan kental dan gurihnya kuah santan dari gudeg ini. Harganya mulai Rp 15.000, letaknya di Jl Asem Gede Kranggan, buka dari jam 21.00 sampai habis.

Gudeg Mercon Bu Tinah berbeda dengan rasa gudeg pada umumnya, pedas menjadi sangat dominan di tempat makan ini. Rasa pedas dari gudeg mercon ini berasal dari sambal kreceknya. Bagi Anda penyuka makanan pedas, wajib untuk mencoba kuliner khas Yogya yang satu ini.

Sambal krecek milik Bu Tinah ini memiliki ranjau cabai yang membuat gudeg terasa ekstra pedas. Selain itu ada pula sayur lombok ijo atau cabai hijau yang dijamin pedasnya akan meledak di mulut. Kendati demikian, jangan khawatir, karena gudeg Bu Tinah tetap mempertahakan cita rasa otentik gudeg yang manis.

4. Nasi Campur Teri Gejayan

Nasi Campur Teri Gejayan merupakan salah satu ikon kuliner legendaris di Yogyakarta. Seperti namanya, tempat makan ini menyajikan beragam lauk pauk yang cukup lengkap.

Menu andalan tempat makan ini adalah sajian teri yang bercita rasa asin, gurih, dan pedas. Menu nasi campur teri ini sudah dijual oleh Pak Dul sejak tahun 1970-an yang kemudian bisnis kuliner tersebut dilanjutkan oleh menantunya Pak Subagiyo.

Menu nasi campur teri ini bisa dinikmati dengan harga yang sangat murah, yaitu mulai dari Rp 8.000 saja. Adapun berbagai menu sayur dan lauk-pauk lainnya di antaranya sayur nangka muda, ayam, telur, tempe, tahu, bakwan jagung, dan lain-lain.

Nasi Campur Teri Gejayan ini berada di Jalan Affandi No.5, Gejayan. Tempat makan ini buka setiap hari, mulai pukul 17.00-03.00.

5. Ayam Bakar Artomoro

Ayam Bakar Artomoro menjadi wisata kuliner Yogyakarta yang viral di TikTok. Ayam bakar ini terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar Km.7,8 No. 30 A, Sleman, DIY.

Tidak seperti ayam bakar pada umumnya yang bercita rasa manis, tempat makan ini menyajikan ayam bakar dengan bumbu pedas. Namun tenang, Ayam Bakar Artomoro ini tak hanya menyediakan menu ayam bakar pedas saja, ada juga ayam bakar manis beserta menu pedamping seperti sayur asam, petai, tahu, dan tempe.

Ayam bakar yang digunakan adalah ayam kampung dan dimasak dengan api kecil bersama dengan beragam bumbu rempah seperti bawah putih, bawang merah, cabai, dan serai. Tambahan lainnya adalah santan suapaya ayam semakin gurih.

Proses pemasakannya pun dilakukan dua kali. Pertama, ayam dimasak dengan air yang cukup banyak hingga air rebusan tersebut tinggal menyisakan bumbu dan ayamnya saja.

Kedua, ayam yang sudah direbus dimasak kembali bersama endapan bumbu pedas tersebut. Seprosi ayam bakar di tempat makan ini dibanderol mulai dari Rp 22.000.

Categories:
Uncategorized
Tags:
You Might Also Like

Leave A Reply