Uncategorized

Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Anda Coba Paling Populer

Makanan Khas Surabaya Yang Wajib Anda Coba Paling Populer

https://neuronhospitalakola.com/ – Surabaya memiliki banyak variasi tempat wisata dan makanan kuliner khas. Ada banyak variasi monumen dan tempat wisata terkenal di ibu kota Jawa Timur itu, layaknya Monumen Kapal Selam, Kebun Binatang Surabaya, Jembatan Suramadu, dan tetap banyak lagi.

Selain tempat wisata, makanan khas Surabaya terhitung tak kalah menarik untuk dijajal dikala berlibur. Kota Pahlawan ini lumayan dikenal dengan makanan pedas layaknya rawon, rujak cingur, dan pecel semanggi. Selain makanan pedas, tersedia terhitung minuman dan makanan manis yang bisa dicoba.

Makanan Khas Surabaya

Surabaya memiliki makanan legendaris yang menjadi ciri khas kotanya. Ada terhitung banyak variasi oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dikala berlibur di Surabaya. Mengutip buku 45 Makanan Khas Surabaya yang diterbitkan Greatness Indonesia, berikut daftar makanan khas Surabaya:

1. Tahu TekTahu Tek

Tahu Tek (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicoba)
Nama jelas tek berawal dari penjual keliling yang memotong jelas dan lontong Mengenakan gunting. Ketika dipotong berbunyi “Tek, tek, tek”, agar jelas ini dinamakan jelas tek.

Makanan khas Surabaya satu ini memuat lontong yang dipotong kecil-kecil, dengan campuran jelas goreng, dan anggota atas diberi saus petis. Petis merupakan sambal khas Jawa Timur yang terbuat dari rebusan ikan atau udang, serta rempah yang dicampur hingga mengental menjadi saus.

2. Tahu Campur

Makanan ini terdiri dari jelas goreng, lontong, potongan daging sapi, selada, mie kuning, dan toge. Selain itu, tersedia tambahan perkedel singkong, kerupuk udang, sesudah itu ditaburi bawang goreng di atasnya.

3. Belut Surabaya

Belut Surabaya tidak berbau amis dan memiliki rasa gurih, manis, dan daging yang lembut. Belut goreng menjadi pelengkap sambal dan nasi hangat.

4. Soto Gubeng Pojok

Masakan soto ini berbahan basic jeroan sapi dan daging sapi. Kuah soto berwarna kuning pekat dan rasanya gurih.

5. Sego Sambel

Sego Sambel (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang Lezat dan Wajib Dicoba)
Makanan ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk sebagai pelengkap. Lauk sego sambel lumayan beraneka macam, layaknya ikan lele, ikan pari, telur dadar, dan tempe goreng. Sambal dalam masakan ini lumayan pedas dan banyak. Adapun campuran sambal dibikin dari bawang putih, bawang merah, cabai, tomat, garam, dan terasi.

6. Sate Klopo

Dalam bhs Indonesia, sate klopo berarti sate kelapa. Sate klopo terbuat dari daging ayam dan daging sapi. Makanan ini sama dengan sate pada umumnya, yang membedakan adalah jeroan dan lemak sapi, serta tambahan parutan kelapa di anggota atas sate sebelum akan dibakar.

7. Sate Karak

Sate Karak merupakan kuliner khas Surabaya. Sate ini terdiri dari potongan besar daging dan jeroan sapi. Uniknya, sate karak dimakan dengan dengan ketan dan bumbu kedelai pedas.

8. Pecel Semanggi

Pecel Semanggi (Buku 45 Makanan Khas Surabaya yang LEzat dan Wajib Dicoba)
Pecel Semanggi terdiri dari daun semanggi, tauge, daun ketela, dan bumbu kacang. Masakan ini disediakan di atas daun pisang yang dibentuk segitiga. Bumbu pecel terbuat dari campuran ubi jalar, cabai, kacang tanah, terasi, dan gula merah. Ada kerupuk uli yang terbuat dari beras sebagai pendamping pecel semanggi.

9. Rawon

Rawon dibikin dari daging sapi yang dimasak dengan kuah kluwek. Kluwek adalah biji tanaman yang menyebabkan warna kuah dan daging menjadi hitam. Se;ain daging, dalam semangkuk Rawon Anda bisa menemukan campuran lainnya layaknya tauge, timun, sambal yang membuahkan rasa gurih dan pedas.

Categories:
Uncategorized
Tags:
You Might Also Like

Leave A Reply